SOLID GOLD BERJANGKA – Ada banyak cara untuk mendatangkan wisatawan mancanegara. Lewat Diplomasi Angklung, Indonesia berharap bisa menarik 1 Juta turis Jepang liburan ke Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam pagelaran Indonesia Week Osaka 2016. Secara resmi, Arief juga membuka acara yang digelar di Umeda Sky Building, Osaka, Jepang tersebut pada Kamis (25/8).

Turut hadir juga dalam acara ini Konjen RI Osaka Wisnu Edi Pratignyo, Kepala Pusat Promosi Perdangan Indonesia di Osaka Hotmida Purba, perwakilan Walikota Osaka Aya Wada, perwakilan Gubernur Osaka Hinorori Harimoto, serta Bupati Manokwari Selatan Markus Waran.

Dalam pembukaan yang berlangsung di salah satu landmark yang paling terkenal di Osaka itu, pesona 1.000 angklung mengalun secara serentak. Angklung menghipnotis para pengunjung yang antusias memadati sekitar kawasan tempat digelarnya acara. Menpar danjajaran tamu VIP turut memainkan alat musik tradisional khas Jawa Barat itu dengan penuh suka cita.

“Kami berharap kemolekan irama dan harmoni dari 1.000 angklung Wonderful Indonesia dapat menggelitik rasa ingin tahu masyarakat Jepang untuk datang ke Indonesia,” ujar Arief dalam pernyataan tertulisnya pada detikTravel, Jumat (26/8/2016).

Selain dalam rangka merayakan HUT ke-71 Kemerdekaan RI, acara Indonesia Week Osaka 2016 juga bertujuan untuk menyuguhkan beberapa destinasi wisata menarik di Indonesia. Diharapkan, promo ini dapat mendorong peningkatan jumlah wisatawan Jepang ke Indonesia.

Seperti yang dilansir Badan Pusat Statistik, kunjungan wisatawan Jepang ke Indonesia pada tahun 2014 sebanyak 491.574 orang dan tahun 2015 mencapai 525.419 orang. Pada tahun selanjutnya, jumlah tersebut diharapkan dapat meningkat hingga mencapai 1 juta orang.

Arief mengatakan, pesona alam Indonesia yang terbentang luas dari Sabang hingga Merauke merupakan magnet bagi setiap orang yang berkunjung ke Indonesia. Untuk itu dirinya mengajak seluruh warga Jepang dapat turut menikmati keindahan alam tersebut.

“Kekayaan dan keindahan alam Indonesia yang dibalut dengan keberagaman budaya dan adat tradisional sungguh tidak ternilai dengan materi,” ujar Arief dalam sambutannya.

Indonesia Week Osaka 2016 yang digagas oleh majalah BUMN Track dan PT Kinarya Cipta Kreasi ini akan berlangsung selama empat hari, yakni dari tanggal 25-28 Agustus 2016. Selain mengalunkan 1.000 angklung, kegiatan ini juga diramaikan oleh stan pameran UKM binaan BUMN di antaranya PT Angkasa Pura II (Persero), PT BNI Tbk, Perum Jamkrindo, Perum Askrindo, PT Telkom Tbk, PT Pertamina, PT PNM serta Pemda Manokwari Selatan.

Menurut CEO BUMN Track SH Sutar, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh pagelaran budaya lokal Indonesia seperti tari-tarian dan lagu daerah, serta perlombaan khas 17 Agustus.

Mengingat pentingnya agenda yang diusung, pihak penyelenggara menyatakan bahwa pagelaran Indonesia Week akan dijadikan agenda tahunan yang dilaksanakan di berbagai negara. Pada 2017, Indonesia Week dijadwalkan akan dihelat di London.