Melanjutkan tren positif sejak Selasa kemarin, nilai tukar rupiah menguat melawan dolar AS.

PT Solid Gold Berjangka Makassar – Nilai tukar Dolar Amerika Serikat (AS) pagi ini berada di level Rp 14.050. Mata uang Paman Sam menguat tipis dibandingkan kemarin di posisi Rp 14.048.

Demikian dikutip dari data Reuters, Jumat (29/1/2021).

Pagi ini dolar AS bergerak di rentang Rp 14.050-14.090.

Mengutip data RTI, The Greenback berada di level Rp 14.037. Dolar AS melemah 50 poin (0,35%).

Mata uang Paman Sam berada di level tertingginya di Rp 14.088 dan terendahnya di Rp 14.031.

Sementara itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini dibuka menguat 73 poin (1,23%) ke level 6.010. Indeks LQ45 juga menguat 11 poin (1,27%) ke 950.

Fenomena Bandar Vs Investor Ritel Juga Terjadi di Bursa Eropa

Bukan hanya investor amatir di Amerika Serikat (AS) yang berbondong-bondong berinvestasi saham yang dipromosikan di forum Reddit. Kini fenomena itu mulai populer hingga Eropa.

Dikutip dari CNBC, Jumat (29/1/2021) berkat forum Reddit r / WallStreetBets sejumlah investor telah membuat saham perusahaan yang sebelumnya terbelakang menjadi untung besar. Untuk GameStop sendiri sahamnya telah melonjak 1.000% hanya dalam dua minggu, selain itu saham Bed Bath & Beyond juga menuai untung.

Sekarang, perusahaan telekomunikasi Finlandia, Nokia masuk dalam forum tersebut dan sahamnya yang terdaftar di AS berhasil melonjak 40%. Namun, saham yang terdaftar di New York turun 23%, dan saham yang terdaftar di Finlandia ditutup turun 13,3%.

Forum rekomendasi investasi di situs web Reddit membuat perusahaan pialang seperti Robinhood, Vanguard dan Charles Schwab sampai mengalami down karena terlalu banyak orang yang ingin berinvestasi. Masalah serupa juga telah dihadapi oleh platform perdagangan Eropa, seperti Trading 212.

Trading 212 pun mengalami gangguan pada layanannya karena peningkatan permintaan yang luar biasa. Platform tersebut akhirnya menyampaikan bahwa mereka menghentikan sementara investasi ke GameStop dan AMC untuk klien baru karena volume orang yang mulai berinvestasi terlalu banyak.

Di Inggris, aplikasi perdagangan bebas komisi, Freetrade, menyatakan nilai pesanan beli saham GameStop selama dua hari pertama minggu ini 177% lebih tinggi daripada minggu lalu. Sementara, pembelian saham BlackBerry mengalami peningkatan 163% selama periode yang sama.

Pialang Inggris lainnya, Hargreaves Lansdown, mengatakan GameStop adalah saham luar negeri yang diperdagangkan paling populer kedua di platformnya minggu lalu, sementara BlackBerry adalah yang paling populer kelima.

Di Eropa, sejumlah investor mengatakan mereka telah membeli saham yang atas rekomendasi subreddit r / WallStreetBets. Seorang investor di Dublin, yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan dia dan beberapa temannya memasukkan uang ke AMC dan BlackBerry atas rekomendasi pengguna Reddit.

Fenomena baru dari Reddit ini mendapat pantauan dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS. Sebab aktivitas semua pasar saham harus diperhatikan situasinya dan ditinjau sesuai aturan keuangan dan pelaku pasar – PT Solid Gold Berjangka Makassar