SOLID GOLD BERJANGKA – Mulut menganga saat menguap, entah karena ngantuk maupun bosan, biasanya dianggap memalukan. Tapi jangan salah, penelitian menunjukkan kapasitas otak berbanding lurus dengan seberapa lama mulut menganga saat menguap.

Sang peneliti, Andrew C Gallup dari State University of New York mengamati 205 video yang menampilkan adegan berbagai makhluk saat sedang menguap. Video berasal dari konten-konten open access di internet, termasuk dari youtube. Total ada 117 individu dari 24 spesies yang tampil dalam video-video tersebut.

Dalam pengamatannya, Gallup mencatat durasi mulut menganga saat makhluk-makhluk tersebut sedang menguap. Jika memungkinkan, ia juga mengidentifikasi faktor lain misalnya apakah makhluk tersebut termasuk kategori dewasa atau masih muda.

Rerata durasi menguap dari tiap-tiap makhluk yang dikelompokkan berdasarkan spesiesnya lalu dibandingkan dengan volume serta kompleksitas otaknya. Hasilnya, durasi menguap dinilai bisa dipakai untuk memperkirakan berat massa otak dan seberapa kompleks susunan sarafnya.

“Konsisten dengan temuan tersebut, kami juga menemukan bahwa primata cenderung punya durasi menguap yang lebih lama dan lebih bervariasi dibandingkan mamalia yang lain,” kata Gallup, dikutip dariroyalsocietypublishing, Kamis (6/10/2016).

Berturut-turut, spesies dengan durasi menguap paling lama berdasarkan penelitian tersebut adalah manusia, gajah afrika, simpanse, gorila. Namun begitu, penelitian ini masih belum bisa memecahkan misteri apa fungsi menguap yang sesungguhnya.

Semua orang pasti punya otak (You Don’t say) .Tapi rata-rata orang lebih dominan salah satu bagian otaknya, misal otak bagian kiri dan otak bagian kanan atau otak kiri dan otak kanan. Ternyata fungsi otak kiri dan otak kanan manusia itu berbeda gan! Malah bisa diketahui kepribadian seseorang dengan cara mengetahui bagian otak yang dominan.