SOLID GOLD BERJANGKA – Makin banyak jenis benda eletronik yang dibuat Xiaomi. Yang terbaru, vendor asal China ini memperkenalkan Mi Robot Vacuum, sebuah mesin pembersih rumah yang bisa dikontrol dengan smartphone.

SOLID GOLD BERJANGKA – Dikutip detikINET dari BGR, Kamis (1/9/2016), wujudnya mirip dengan robot pembersih yang sudah ada, sebut saja Roomba. Namun seperti biasa Xiaomi membanderol produknya dengan harga terjangkau dibanding pesaing, tepatnya di kisaran USD 250 atau Rp 3,3 jutaan.

Dijual mulai 6 September di Cina, Mi Robot diklaim punya beragam kelebihan. Ada dua teknologi yang coba ditonjolkan yakni Laser Distance Sensor (LDS) dan Simultaneous Localization and Mapping (SLAM).

LDS dikembangkan Xiaomi yang memungkinkan robot pembersih itu melakukan scan 360 derajat sebanyak 1.800 kali per detik. Sedangkan SLAM memungkinkan Mi Robot memetakan kondisi ruangan dan memperhitungkan gerakan pembersihan yang tepat.

Selain itu, Mi Robot memiliki pula dengan 12 sensor tambahan. Termasuk sensor kemiringan, gyroscope sampai accelerometer. Dalam hal pembersihan, robot ini bisa menyapu sampai celah kecil karena bisa menjaga jarak sampai hanya 1 cm dari tembok.

Vacum cleaner canggih tersebut ditenagai dengan baterai 5.200 yang menurut Xiaomi bisa digunakan selama 2,5 jam. Jika baterai terindikasi melemah, Mi Robot dapat otomatis akan kembali ke tempat charging. Dan jika sudah selesai isi ulang baterai, akan kembali ke tempat terakhir di mana ia membersihkan.

Melalui aplikasi smartphone, pengguna dapat mematikan atau menghidupkannya, memilih mode pembersihan dan sebagainya. Belum jelas apakah produk baru Xiaomi ini akan menyapa pasar mancanegara.