SOLID GOLD BERJANGKA – Di masa depan, kendaraan otonom bakal menjadi hal yang umum di jalanan. Untuk itu, perusahaan rintisan mobil otonom, Drive.ai saat ini sedang mengerjakan teknologi yang ditujukan untuk memudahkan orang berkomunikasi atau bahkan membuat jalanan lebih aman dan efisien.

Ke depan kita harus bersiap berbagi di jalanan dengan mobil-mobil otonom. Mobil, pejalan kaki, pesepeda, pengendara motor akan menggunakan satu jalanan yang sama.

Dikutip dari The Verge, dengan berbekal ilmu yang didapatnya saat kuliah tentang pengembangan mobil otonom, Co-founder Drive.ai, Carol Reiley mendirikan perusahaan rintisan yang fokus mengembangkan kendaraan otonom. Dia bertujuan bisa membuat sistem yang bisa mempelajari kebiasaan manusia, bukan sistem yang harus bergerak mengikuti perintah.

Drive.ai sedang mengerjakan mobil otonom yang bisa membuatnya berkomunikasi dengan yang lainnya di jalanan. Memang sistemnya tidak bisa berbicara. Namun Drive.ai menggunakan tanda dari LED yang menggunakan teks dan emoji untuk menyampaikan pesan tersebut.

Tujuannya untuk mensimulasikan gestur seperti lambaian tangan yang bisa menyampaikan ke pejalan kaki saat mereka ingin menyebrang dan aman.

Drive.ai juga sedang bekerja untuk memperbaiki fungsi klakson. Reiley mengatakan, karena klakson hanya tersedia dalam volume dan petunjuk yang terbatas. Beberapa variasi dikatakan bisa meningkatkan fungsi klakson dan membantu mobil berkomunikasi lebih baik dengan yang lain di jalan.