LILIANA & TANTOWI

PT SOLID GOLD BERJANGKA – Liliyana Natsir berhasil meninggalkan Hendra Setiawan dan kini menjadi pebulutangkis Indonesia dengan gelar juara dunia terbanyak, yaitu empat gelar. Liliyana hanya berjarak satu gelar dengan pemegang rekor titel juara dunia, yaitu Lin Dan, Zhao Yunlei, dan Park Joo-bong.

Gelar keempat bagi Liliyana datang di Kejuaraan Dunia 2017. Bersama Tontowi Ahmad, Liliyana berhasil menjadi juara usai menaklukkan unggulan pertama Zheng Siwei/Chen Qingchen, Minggu (27/8).

Tontowi/Liliyana keluar sebagai pemenang dengan skor 15-21, 21-16, 21-15 dalam pertarungan yang berlangsung selama 54 menit di Emirates Arena, Glasgow, Skotlandia.

Medali emas di Emirates Arena membuat Liliyana meninggalkan Hendra dan kini berdiri sendirian untuk menyandang status sebagai pebulutangkis Indonesia dengan gelar juara dunia terbanyak.

Tiga gelar juara dunia Liliyana sebelumnya ada pada tahun 2005 dan 2007 (bersama Nova Widianto) dan 2013 (bersama Tontowi).

Secara keseluruhan, status juara dunia 2017 ini juga membuat Liliyana kini berdiri sejajar dengan sejumlah pebulutangkis top China yang sudah mengoleksi empat gelar juara dunia, yaitu Gao Ling, Cai Yun, dan Fu Haifeng.

Rekor gelar juara dunia terbanyak sendiri saat ini masih digenggam oleh Lin Dan (China), Park Joo-bong (Korea), dan Zhao Yunlei (China) dengan torehan lima gelar. Lin Dan sebenarnya punya peluang menjadi pebulutangkis tersukses, namun ia kalah dari Viktor Axelsen di final Kejuaraan Dunia 2017.

Peluang bagi Liliyana Natsir untuk menyamai rekor tersebut akan ada pada Kejuaraan Dunia 2018. Liliyana sendiri pernah menyatakan bahwa ia bakal berusaha untuk bisa tampil di performa terbaik hingga 2018 saat Indonesia jadi tuan rumah Asian Games.

Kejuaraan Dunia Bulutangkis saat ini merupakan ajang tahunan namun tak akan digelar di tahun pelaksanaan Olimpiade, seperti misalnya pada 2016 lalu.