SOLID GOLD BERJANGKA – Di tengah hiruk pikuk pemasaran Galaxy Note 7, Samsung diam-diam mendatangkan jagoan barunya di kelas smartphone menengah. Galaxy On7, demikian namanya, jadi model baru yang meramaikan pasar ponsel cerdas di Indonesia.

Galaxy On7 ini mengusung bentang layar yang cukup luas, yakni 5,5 inch resolusi HD 720 x 1.280 pixel. Desainnya sendiri terlihat tidak jauh berbeda dengan model smartphone Samsung lainnya di kelas menengah. Ia cukup tipis dengan ketebalan 8,2 mm.

Sedangkan jeroannya ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 410 quad core 1,2 GHz yang dipadukan dengan RAM 1,5 GB.  Memori internalnya terhitung terbatas, hanya 8 GB. Namun ada opsi menambahkannya dengan kartu microSD sampai kapasitas 128 GB.

Beralih ke sektor kamera, Galaxy On7 memiliki resolusi 13 megapixel dan 5 megapixel untuk kamera depan. Spesifikasi lain meliputi konektivitas 4G LTE, sistem operasi Android Lollipop, serta baterai 3.000 mAh.

Saat ini, Galaxy On7 antara lain sudah bisa dipinang dengan banderol Rp 2,7 juta. Berminat?

Persaingan di ranah smartphone tampaknya kian sengit sehingga perusahaan sekaliber Samsung pun harus menciptakan lebih banyak smartphone berharga murah. Sesudah keluar Samsung Galaxy J1 sekarang disusul dengan Samsung Galaxy On5 dan Galaxy On7. Duo perangkat terbaru itu memang belum secara resmi diumumkan akan tetapi kedua jagoan terbaru di segmen bawah ini telah ditampilkan di website Samsung India meski baru Galaxy On5 yang menampakkan gambar utuh.

Samsung Galaxy On7 tampil dengan ukuran layar lebih besar dibanding saudaranyaSamsung Galaxy On5. Membawa panel TFT LCD berdiagonal 5.5 inch yang mampu menghasilkan resolusi 720p serta kepadatan layar di level pertengahan tepatnya di angka 267 ppi. Sayang pelapis antigores tak ikut disertakan pada perangkat Android terbaru Samsung ini, pengguna mesti menambahkan sendiri jika ingin layar tetap utuh tanpa goresan.

Berlanjut mencermati spesifikasi andalannya, Galaxy On7 tersedia dengan jeroan utama berupa chipset Exynos 3475 berprosesor Quadcore 1,3 GHz dipadu dengan RAM yang cukup besar hingga 1,5 GB. Alhasil kinerja yang diberikannya cukup mampu menangani aktifitas multitasking tak terkecuali memainkan game kelas berat yang mensyaratkan grafis tinggi lebih-lebih dengan dibenamkannya prosesor grafis seri Mali-T720. Sebagai media penyimpan data, Galaxy On7 dibekali dengan memori onboard seukuran 8 GB yang sudah cukup longgar meski harus berbagi dengan sistem. Pengguna pun masih bisa memperluasnya dengan tersedianya slot kartu microSD yang bisa diisi hingga maksimal 128 GB.