uang dan pasangan

PT SOLID GOLD BERJANGKA – Menyambung dari tulisan sebelumnya tentang permasalahan rumah tangga di mana di dalam sebuah keluarga sering kita jumpai ada pasangan yang tidak jujur dengan keuangan mereka. Terlebih ketika salah satu dari pasangan punya masalah dengan keuangan dan bermasalah dengan cara mengelola keuangan mereka.

Nah, perlu diketahui, sebenarnya merencanakan keuangan dan mengelola keuangan bukanlah tugas istri saja atau suami saja, tapi tugas berdua pasangan. Informasi ini juga perlu diketahui oleh pasangan yang belum menikah atau ingin segera menikah. Mengapa? Karena selama ini membicarakan masalah keuangan sebelum menikah dianggap tabu bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Lalu topik apa saja yang bisa dibicarakan (diskusikan) antara anda dan pasangan anda dalam hal keuangan?

Persiapan Untuk Hal-Hal Yang Darurat
Dana darurat sudah sering sekali dibahas oleh Perencana Keuangan. Mengapa? Karena itu adalah salah satu basis terpenting di dalam keuangan seseorang atau sebuah keluarga. Anda dengan pasangan bisa mulai membicarakan dan mempersiapkan dana darurat untuk anda dan keluarga.

Persiapan Untuk Hal-Hal Yang Mengagetkan (Suprises)
Ketika kita bicara dana darurat di atas, yang terpikir adalah hal-hal yang bersifat negatif atau duka, lalu bagaimana dengan hal-hal yang bersifat positif? Apakah anda juga sudah siap secara keuangan? Banyak contoh-contoh hal positif yang membutuhkan keuangan tambahan juga. Contoh salah satunya pasangan anda ternyata hamil anak kembar. Di satu sisi ini adalah berita gembira, tapi di sisi lain anda juga harus siap secara keuangan, karena untuk hal apapun yang berhubungan dengan anak kelak, anda harus keluar biaya dobel alias dua kali lipat secara bersamaan dari yang seharusnya.

Putuskan Siapa Yang Mengatur Pengeluaran Rutin Bulanan dan Melakukan Pencatatan
Anda Bersama pasangan juga harus setuju dan putuskan siapa yang akan mengatur pengeluaran rutin bulanan dan melakukan pencatatan untuk itu. Dengan cara ini jelas sekali pembagian tugas masing-masing untuk masalah keuangan keluarga sehingga masing-masing pihak bisa fokus pada tugasnya.

Siapa Yang Akan Menyisihkan Tabungan/Investasi Bulanan
Apakah tabungan dan investasi akan diambil dari uang bulanan dan termasuk ke dalam pengeluaran bulanan, ataukah tabungan dan investasi dilakukan terpisah oleh orang terpisah? Nah, anda Bersama pasangan harus setuju dan mengatur cara mana yang menurut anda berdua cocok diterapkan dalam keuangan rumah tangga anda.

Buat Rencana Keuangan Jangka Pendek, Menengah dan Panjang
Ketika bertemu dengan klien pasangan (keluarga), saya dan associates bingung karena suami dan istri sering kali punya keinginan yang berbeda. Dan lebih lucunya mereka yang tinggal serumah ini tidak pernah mendiskusikan keinginan bersama ini. Akibatnya yang sering terjadi adalah mereka kemudian berargumentasi di depan kami. Nah, buatlah rencana keuangan keluarga jangka pendek, menengah dan panjang secara Bersama-sama agar hal itu menjadi tujuan dari keluarga anda.

Buat Aturan Mengenai Peminjaman Uang Kepada Anggota Keluarga dan Teman
Pinjam meminjam seringkali menjadi pemicu keributan sebuah rumah tangga, apalagi ketika pinjam meminjam terjadi kepada anggota keluarga lainnya atau bahkan teman. Nah, anda berdua harus mulai membicarakan aturan baku tentang pinjam meminjam ini, dan menyepakati aturan main tersebut, agar ketika kondisi dan keadaan tersebut terjadi anda sudah siap dan tidak terjadi keributan.

Buat Keputusan Mengenai Siapa Yang Menjaga Orang Tua
Dalam adat ketimuran, termasuk di Indonesia, biasanya anak akan turut serta menjaga orang tua mereka. Orang tua dalam hal ini adalah orang tua anda dan mertua (2 pasang). Dari awal pernikahan sebaiknya mulai dibicarakan juga siapa yang akan menjaga orang tua mereka nanti ketika sudah tua atau sudah tidak mampu beraktivitas. Bagaimana kondisi dan keuangan mereka. Apakah akan dicover secara Bersama-sama? Dan banyak lagi pertanyaan yang harus didiskusikan secara enak agar tidak tejadi keributan di kemudian hari.

Ternyata banyak sekali hal-hal yang selama ini luput anda ketahui. Dan masih banyak lagi hal lain yang belum dibahas di sini. Itu gunanya anda untuk selalu belajar dan mengerti apa saja sih yang harus dipersiapkan.