SOLID GOLD BERJANGKA – Massa yang merayakan hari ulang tahun Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di ruang terbuka hijau (RTH) Kalijodo, Jakbar, membubarkan diri. Serangkaian kegiatan mereka selesai.

Massa di RTH Kalijodo, yang terdiri dari Perkumpulan Demi Anak Generasi (DAG), Silent Majority Forum, serta warga pengunjung bubar usai membakar lilin. Ada makna di balik aksi itu.

Rebecca S Siregar, Ketum Silent Majority Forum mengatakan aksi bakar lilin diselipi doa untuk Ahok. Doa untuk Jokowi juga dipanjatkan.

“Semoga sehat dan diberikan umur panjang untuk mereka berdua. Berjuang untuk memajukan negara RI,” kata Rebecca kepada wartawan, Kamis (29/6/2017).

“Untuk Pak Ahok, bersabar dulu dengan situasi yang ada tapi semangat juang beliau tak hilang dari semua pendukungnya dan yang hadir tadi,” imbuh Rebecca.

Rebecca menyebut massa juga menyanyikan lagu-lagu kebangsaan di akhir acaranya. Massa tertib dalam beraksi.

Meski aksi untuk Ahok selesai, suasana Kalijodo masih ramai pengunjung. Masih banyak yang melakukan aktivitas, main sepeda, foto-foto, hingga sekadar duduk bercengkerama dengan keluarga masing-masing.

Semoga panjang umur Pak Ahok. Semoga panjang pula ingatan kami tentang kerja baik anda,” tulis Goenawan lewat akun @gm_gm.

Senada dengan Goenawan, novelis Dewi Lestari menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Ahok. Ia pun turut mendoakan Ahok.

“Teriring doa dari kami untuk Pak Ahok. Bertumbuhlah terus di mana pun #HBDAhok51,” kata Dewi lewat akun @deelestari.

Ahok saat ini menjalani masa tahanan di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, atas kasus penistaan agama. Dalam pantauan detikcom, di rutan Mako Brimob, Kamis (29/6/2017) sekitar pukul 10.00 WIB, suasana di depan Rutan Mako Brimob sepi dari relawan. Sebelumnya, saat Ahok baru menjalani masa tahanan, suasana di depan Mako Brimob dipadati relawan pendukung.