Erick Thohir Bersih-bersih (Foto: Zaki A/detikcom)

PT Solid Gold Berjangka Makassar – Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan kalau ada banyak hal yang perlu dibenahi dari department store Sarinah. Hal ini disampaikannya melalui akun Instagram miliknya pada Jumat (27/12/2019).

Melalui unggahannya tersebut, Erick menceritakan secara singkat sejarah dari department store pertama di Indonesia tersebut. Dia menceritakan bahwa Sarinah pertama kali didirikan pada 17 Agustus 1962 oleh Presiden Soekarno, dan nama Sarinah sendiri berasal dari sosok seorang pengasuh Presiden Soekarno.

 

 

Sarinah adalah Department Store pertama Indonesia yang didirikan pada 17 Agustus 1962 oleh Presiden Soekarno. Nama sarinah terinspirasi dari sosok Mbok Sarinah, seorang pengasuh Presiden Soekarno. “Dari Mbok Sarinah, saya mendapat pelajaran mencintai ‘orang kecil’. Ia orang kecil, tapi jiwanya selalu besar” tulis Bung Karno dalam pengantar bukunya yang berjudul Sarinah.” Tulis Erick dalam caption unggahannya tersebut.

Kemudian Erick menjelaskan kalau dia kemarin sempat berkunjung Sarinah. Dalam unggahannya yang berisikan sejumlah video singkat, Erick nampak mengelilingi department store tersebut.

Saya berkunjung ke Sarinah kemarin, selain mencari beberapa barang untuk isi kantor, saya ingin melihat langsung proses bisnis dan juga kondisi Sarinah saat ini. Ternyata memang banyak hal yang harus dibenahi. Pembaharuan perlu dilakukan untuk dapat tetap bersaing, namun dengan tidak meninggalkan nilai sejarah dari Sarinah itu sendiri.” jelasnya lagi.

Dalam kunjungannya dia melihat Sarinah masih memiliki potensi, terlebih dengan nanti akan ada lebih banyak lagi turis ke Jakarta. Meski demikian, Erick merasa kalau masih ada banyak hal yang perlu untuk dibenahi dari Sarinah.

Erick menjelaskan kalau dirinya ingin merombak beberapa hal, termasuk merenovasi gedung, produk-produk yang dijual di Sarinah, membuat pusat makan, hingga upgrade management. Hal ini dirasa perlu agar Sarinah tetap dapat bersaing tanpa meninggalkan nilai sejarah dari Sarinah itu sendiri.

Nah ini yang kita akan rubah tidak hanya renovasi di dalam, tapi secara gedungnya juga akan kita renovasi. Tapi itu sebenarnya hanya Hardware, tetapi yang penting softwarenya, softwarenya apa? produk-produk di dalamnya, harus ada upgrade,” jelas Erick dalam unggahan video singkatnya.

Karena itu saya ingin management Sarinah juga kita upgrade,” kata Erick.