Solid Gold Berjangka – Rupiah yang sempat dibuka lemah pada awal perdagangan valas hari Selasa (5/01), berhasil rebound di perdagangan siang setelah sejak perdagangan usai libur Natal ditekan oleh dollar. Kekuatan yang didapat Rupiah siang ini sudah dimulai pada jam pertama perdagangan awal pasca pelemahan dollar di pasar spot dan optimisme investasi ke tanah air.

Ditengah kekhawatiran pasar global 2 hari terakhir, Rupiah berhasil dilirik oleh pasar global dan terangkat cukup tinggi dari pelemahan perdagangan sebelumnya. Kenaikan nilai mata uang Rupiah terhadap dollar juga mengundang asing terus pertahankan aksi belinya di bursa saham.

Mengakhiri perdagangan saham sesi pertama siang tadi, net buy yang terjadi di bursa bertambah banyak dari  sekitar Rp95 miliar menjadi Rp99 miliar. Demikian juga   indeks harga saham gabungan tetap di zona hijau dan menguat 1 persen dari perdagangan sebelumnya  ke  posisi 4572.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot siang  ini naik 0,85% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13824/US$ setelah sempat dibuka lemah pada level Rp13963/US$. Demikian kurs transaksi  yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini melemah ke 14001  dari hari sebelumnya 13967   hari Senin (4/01).

Namun untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi menguat  hingga akhir perdagangan sore oleh pelemahan dollar, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13994 resistance  13780 per dollar