Saat Terjadi Bencana, Ini yang Harus Dilakukan Rumah Sakit

SOLID GOLD BERJANGKA – Dalam menghadapi bencana, diperlukan kesiapsiagaan yang dilakukan oleh rumah sakit. Mulai dari evakuasi hingga penanganan pada pasien harus benar-benar dilakukan dengan baik agar tidak terjadi masalah lebih lanjut.

“Pertama rumah sakit harus menyiapkan hospital disaster plan (rencana kedaruratan rumah sakit). Namun tidak semua rumah sakit saat ini memiliki itu,” kata Rahmawati Husein, Ph D, Program Koordinator Nasional Hospital Preparedness and Community Readiness for Emergency and Disaster (HPCRED).

Selain itu, menurut Rahmawati, perlu standar operasional prosedur baik untuk bencana internal maupun eksternal. Misalnya terjadinya kebakaran di rumah sakit atau terjadi gempa di wilayah rumah sakit.

“Dengan begitu saat terjadi bencana di rumah sakit, mereka sudah tahu mekanismenya. Bukannya tidak tahu apa yang harus dikerjakan dan bingung apa saja SOPnya,” lanjut Rahmawati saat ditemui dalam konferensi pers ‘Komitmen Muhammadiyah bersama Pemerintah Australia, Kementerian Kesehatan, BNPB, PERSI, KARS untuk Mendukung Penerapan Program Rumah Sakit Aman di Indonesia’ di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (7/6/2016).

Tidak itu saja, untuk mempersiapkan kesiapan tenaga medis diperlukan simulasi-simulasi dalam menghadapi bencana.

“Kalau ini tidak disiapkan, rumah sakit tidak akan mampu untuk menanganinya. Kondisi rutin saja sudah cukup repot apalagi ada kejadian bencana. Jika tidak disiapkan SOP, mekanisme, serta individunya itu akan merepotkan rumah sakit ,” tutup Rahmawati yang juga dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tersebut.