sayap pesawat singapore

SOLID GOLD BERJANGKA – Petugas pemadam kebakaran membutuhkan waktu 20 menit untuk memadamkan api yang membakar pesawat Singapore Airlines (SIA) rute Singapura-Milan, Italia. Api menghanguskan bagian sayap kanan pesawat.

SOLID GOLD BERJANGKA – Seorang penumpang, Chuan, mengatakan kepada BBC, Senin (27/6/2016) saat pesawat masih mengudara kemudian mendarat darurat di Bandara Changi sempat tercium bau bensin. “Pilot mengumumkan melalui intercom bahwa ada kebocoran tanki bensin dari salah satu mesin.”

Chuan menambahkan semua penumpang sangat tennag dan bahkan dia ingin kembali tertidur setelah pengumuman itu. Hanya beberapa saat setelah pesawat mendarat dan tiba-tiba terbakar, dia baru menyadari betapa dekatnya dia dengan kematian.

“Petugas pemadam membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk memadamkan api,” katanya.

Penumpang lainnya, Amit Jain, melihat api membakar mesin pesawat dan hampir mendekati ke kabid. Dia melihat ke jendela di mana api berkobar-kobar.

“Saya melihat api semakin membesar dan buruk. Waktu itu api dengan ketinggian 3 sampai 4 kaki sudah mencapai mesin dan saya melihat sayap pesawat menghitam karena terbakar,” kata Jain seperti dilansir todayonline. Jain duduk di kelas bisnis dekat dekat sayap yang terbakar.

“Saat kami melihat api semakin membesar, beberapa orang mencoba mengambil tas mereka dari kompartemen di atas. Kondisi saat itu sangat kacau,” katanya.

“Saya mendengar sejumlah orang berteriak “Buka pintu! Biarkan kami keluar!’ dan mereka berdiri di dekat pintu.”

Kemudian, situasi berubah menjadi terkendali setelah pilot dan kru mengingatkan penumpang untuk tetap duduk di kursi masing-masing sementara petugas memadamkan api.

Jain yang merupakan direktur perusahaan IT itu mengatakan insiden terjadi sekitar 20 menit dan hampir semua penumpang tenang.

Pesawat jenis Boeing 777-300ER itu lepas landas pada Senin (27/6) pagi sekitar pukul 02.05 waktu setempat. Selang dua jam pesawat mengudara, pilot mengumumkan adanya gangguan mesin dan menyatakan pesawat terbang kembali ke Changi.

Namun sesaat usai pesawat mendarat darurat di bandara Changi, sekitar pukul 06.50 waktu setempat, salah satu mesin pesawat tiba-tiba terbakar. Untungnya tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam insiden ini. Sebanyak 222 penumpang dan 19 awak dievakuasi keluar melalui tangga pesawat dan dibawa ke gedung terminal.