Solid Berjangka – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI menandatangani nota kesepahaman atau MoU secara virtual tentang pemanfaatan jasa dan layanan perbankan guna mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di tengah pandemi.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Konsumer BRI, Handayani dengan Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nia Niscaya.

“Melalui kerjasama ini BRI berharap dapat mendukung penyediaan layanan perbankan di sektor pariwisata. Dengan begitu, wisatawan maupun pelaku ekonomi kreatif dapat dengan mudah mendapatkan akses transaksi maupun pembiayaan dari BRI,” ujar Handayani dalam keterangan tertulis, Selasa (21//2020).

Dalam MoU tersebut terdapat beberapa poin kerja sama, seperti terkait promosi UMKM potensial yang dapat mendukung kegiatan pariwisata di Indonesia, edukasi tata cara berwisata yang aman saat masa adaptasi kebiasaan baru, dan pemasaran Tabungan BRI BritAma serta Tabungan BritAma Rencana Wisata Nusantara yang di-bundling dengan kartu co-branding.

Penerapan kerja sama ini akan didukung oleh publikasi dari pihak BRI dan Kemenparekraf sehingga masyarakat dapat mendapat informasi dan edukasi dengan baik.

Handayani menambahkan salah satu target dari kerja sama ini adalah para milenial yang ingin merencanakan perjalanan wisata. Dengan menggunakan tabungan tersebut, mereka dapat menentukan sendiri berapa lama jangka waktu installment dan besaran saldo yang dikumpulkan.

“Dilengkapi dengan fasilitas asuransi Personal Accident dan beberapa fasilitas tambahan seperti asuransi perjalanan, AM-KKM produk tabungan dan desain kartu co-branding akan dibuat kekinian mengikuti selera dari para milenial,” tambah Handayani.

Sebelumnya BRI juga bekerja sama dengan Kemenparekraf terkait co-branding Kartu Kredit Wonderful Indonesia. Hingga Juni 2020, jumah pengguna Kartu Kredit Wonderful Indonesia hampir mencapai 20 ribu dan dengan adanya tambahan kerja sama ini diharapkan dapat turut mengerek sektor parekraf di tengah masa adaptasi kebiasaan baru serta mempererat jalinan kerja sama antara BRI dan Kemenparekraf.