SOLID BERJANGKA

SOLID BERJANGKA

SOLID BERJANGKA MAKASSAR – “Healthy Mind, Body and Soul” sekarang kita pelesetkan menjadi “Healthy Mind, Body and Pocket”. Apa maksudnya?

Well, momentum akhir tahun biasanya dipakai oleh banyak orang, termasuk perencana keuangan, untuk melakukan evaluasi keuangan. Biasanya mereka akan mengajak anda untuk fokus kepada tujuan keuangan serta emergency fund, asuransi dan investasi rutin bulanan yang dilakukan.

Nah, khusus kali ini saya tidak akan membahas hal tersebut, karena masih banyak hal-hal lain yang lebih penting untuk dicapai selain emergency fund dan asuransi tersebut. Kata kuncinya memang selalu “Sehat”, mengapa?

Karena sebanyak apapun harta dan uang anda, kalau kondisi anda tidak sehat maka anda tidak bisa menikmati hal-hal tersebut. Ada 3 pendekatan yang akan kita bahas dalam artikel ini dan kesemuanya haruslah sehat.

Pertama adalah Sehat Kepala alias sehat otak.

Sehat otak alias kepala ini penting karena justru dari sinilah asal mula pemicu penyakit-penyakit lain yang ada di tubuh kita. Banyaknya penyakit seperti stress, darah tinggi, stroke, dan kanker yang dipicu oleh pola hidup yang salah dan penyakit otak alias stress ini.

Itulah sebabnya otak kita juga harus diberikan vitamin dan kita investasikan agar tidak menyebabkan rentetan penyakit lain.

Pertama-tama tanyakan ke diri anda kapan anda “meliburkan” alias “mengistirahatkan” kepala dan otak anda?

Bagi sebagian orang, termasuk saya, bekerja adalah hobi. Mengapa? Karena kita mencintai pekerjaan kita, sehingga kita tidak merasakan beban untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Akan tetapi, bukan berarti otak kita tidak butuh istirahat. Kapan terakhir anda melakukan liburan tanpa diganggu oleh pekerjaan?

Kapan terakhir anda menggunakan cuti anda? Ini adalah salah satu indikasi apakah kepala dan isi kepala anda perlu vitamin dan investasi.

Itulah sebabnya, liburan dan membuat perencanaan liburan menjadi penting bagi banyak orang saat ini, khususnya bagi anda yang tinggal di perkotaan. Dalam merancang liburan tidaklah perlu yang mahal-mahal keluar kota atau bahkan keluar negeri.

Berlibur di dalam kota dengan menyusuri suatu daerah yang belum pernah anda lakukan sebelumnya juga memberikan efek refreshing.

Kalaupun anda kemudian merencanakan liburan, maka lakukan perencanaan dan perhitungan dengan baik dari jauh-jauh hari. Bila memungkinkan lakukan libur (cuti) di luar akhir tahun seperti sekarang atau tengah tahun (high season) untuk menghindari biaya yang mahal.

Manfaatkan promo-promo online yang bisa anda dapatkan di banyak situs di internet. Lakukan perhitungan dan perencanaan sendiri, sehingga anda bisa menghemat biaya yang besar.

Jangan lupa juga untuk datang ke acara travel fair yang sekarang ini semakin sering diadakan untuk membuat perhitungan dan perbandingan dengan anggaran awal anda. Siapa tahu anda bisa mendapatkan promo yang lebih murah lagi.

Vitamin dan investasi lainnya bagi kepala dan isi kepala anda adalah ilmu alias knowledge. Ilmu ini sebenarnya ada di mana-mana dan bisa anda dapatkan dari mulai yang murah (hampir gratisan) sampai yang mahal sekali.

Masalahnya terletak pada apakah anda punya keinginan untuk belajar dan menambah ilmu ini. Ilmu gratisan contohnya bisa anda dapatkan melalui internet, situs, media social, youtube dan lain sebagainya.

Modal anda hanya pulsa dan quota internet serta waktu untuk browsing dan mendapatkan ilmu-ilmu tersebut, tidak perlu membuat anggaran tambahan biaya dari uang bulanan anda. Di lain pihak, kalaupun anda harus membayar, anda bisa membayar dengan biaya yang tidak terlalu besar, misalnya dengan membeli dan membaca buku.

Sayangnya orang Indonesia kebanyakan malas membaca buku. Alternatif lain bila anda malas membaca buku dan belajar sendiri, anda bisa ikutan seminar dan kelas-kelas sesuai dengan minat anda.

Workshop dan kelas ini bervariasi dari yang hanya ½ hari, 1 hari bahkan beberapa hari. Baik yang hanya berupa ilmu saja, ataupun memberikan sertifikat yang suatu hari mungkin berguna bagi karir dan pekerjaan anda, atau mungkin bisa dijadikan alternative karir dan tambahan penghasilan, seperti kelas dan workshop Perencana Keuangan.

Terkadang ilmu yang kita pelajari tidak berhubungan dengan pekerjaan kita sehari-hari, tapi mungkin saja bisa berguna di kemudian hari. Biaya dari masing-masing kelas dan workshop ini juga sangat bervariatif dari mulai yang murah meriah, sampai dengan yang serius dan cukup membutuhkan biaya lumayan besar.

Bila minat dengan kelas keuangan akan kami infokan di akhir tulisan ini.

Intinya adalah, vitamin dan investasi otak ini penting agar otak kita selalu terstimulasi untuk mendapatkan hal-hal baru. Oleh sebab itu, alokasikan dari uang bulanan anda untuk masuk ke pos investasi otak ini.

Buat perencanaan dan alokasikan dana agar setiap tahun anda bisa belajar hal-hal baru yang mungkin berguna untuk kehidupan anda ke depannya. Saya pribadi melakukan hal ini dan mendisiplin kan diri saya untuk selalu mengambil kelas-kelas barunya setiap tahun.

Oleh sebab itu, saya juga harus mengalokasikan tabungan/investasi bulanan untuk kebutuhan belajar ini.

Sesuai janji di atas, mungkin anda bisa menggunakan workshop dan kelas mengelola gaji, perencanaan keuangan dan investasi yang dilakukan baik oleh AAM & Associates – SOLID BERJANGKA