SOLID GOLD

SOLID GOLD

SOLID GOLD makassar – Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas tips investasi saham bagi pemula yang ingin mencoba berinvestasi di bursa saham di Indonesia. Yang pertama dibahas adalah Anda harus menentukan posisi Anda sebagai seorang investor atau trader terlebih dahulu agar tidak salah posisi. Kemudian ketika Anda mengambil posisi sebagai seorang investor maka salah satu kunci sukses berinvestasi di saham adalah dengan cara memilih saham yang tepat untuk investasi jangka panjang Anda.

Jka ingiin jadi trader, Anda harus memperkuat analisa teknikal. Ketika Anda memutuskan mau menjadi trader saham, maka strategi analisa yang dipergunakan agak sedikit berbeda dengan ketika Anda menjadi seorang investor saham. Kalau analisa yang dilakukan sebagai investor saham menggunakan analisa fundamental, maka bila Anda mengambil posisi sebagai seorang trader Anda harus memperkuat analisa Anda secara teknikal.

Ketika analisa fundamental fokus pada kekuatan keuangan perusahaan berdasarkan laporan keuangan, maka analisa teknikal akan melihat sejarah pergerakan harga saham dari suatu perusahaan. Berdasarkan pergerakan harga saham tersebut maka Anda bisa memprediksi kemana arah gerakan saham yang akan Anda beli apakah akan naik atau akan turun.

Trader saham akan melihat peluang naik dan turun harga saham sebuah perusahaan dengan menggunakan data historis serta banyak rasio dan metode perhitungan. Harap diingat (baca artikel pertama) bahwa trader saham akan bermain saham untuk jangka pendek sehingga kenaikan 1-2% dalam satu posisi saham akan sangat berarti.

Buy on Rumor Sell On Fact

Keempat, dalam berinvestasi saham di Indonesia ada pepatah yang mengatakan “Buy on Rumor Sell on Fact” yang artinya adalah ketika Anda trading saham di Indonesia Anda membeli sebuah saham perusahaan berdasarkan gosip yang beredar dari perusahaan tersebut, dan Anda menjual saham perusahaan tersebut ketika gosip tentang perusahaan terjadi menjadi kenyataan alias fakta terjadi. Unik ya?

Well, ketika Anda trading saham di Indonesia akan banyak sekali beredar rumor alias gosip saham dari suatu perusahaan. Namanya juga gosip maka berita tentang sahamnya sering lebih banyak salah, akan tetapi sesekali gosip tersebut bisa menjadi kenyataan. Ketika gosip tersebut menjadi kenyataan dan Anda sedang pegang posisi tersebut, bisa jadi Anda mendapatkan jackpot alias keuntungan durian runtuh. Memang sih terdengar seperti gambling alias judi, tapi di situlah letak “seru” nya yang mengakibatkan banyak orang seperti “kecanduan” trading saham.

Ingat pendekatan ini hanya baik dan berlaku dan cocok bagi Anda yang trading alias jual beli saham dan mempunyai profil resiko agresif, sehingga tidak cocok bagi Anda yang konservatif alias tidak berani terhadap resiko investasi – SOLID GOLD