Solid Gold Berjangka | Kisah Miliuner Termuda yang Tak Lulus Sekolah, Kini Hartanya Mencapai Rp 21 T

nikhil kamath

Solid Gold Berjangka Makassar – Nikhil Kamath disebut sebagai orang terkaya termuda di India. Pria tersebut adalah co-founder dan chief investment officer dari Zerodha, sebuah platform perdagangan saham. Sebelum masuk ke dunia saham, Nikhil adalah seorang juara catur yang berhenti sekolah di usia 14 dan tidak pernah kuliah sampai sekarang. Ia pun pernah mencoba peruntungan dengan berjualan handphone hingga buka jasa laundry.

Sebelum permainan catur dipopulerkan serial The Queen Gambit, Nikhil sudah lebih dulu menekuninya hingga memutuskan berhenti sekolah demi bermain full time. Nikhil dulu sering jadi juara dan berniat untuk berkompetisi secara internasional hingga suatu hari terpikir untuk punya sumber penghasilan cadangan. Terinspirasi dari kakaknya, pria 34 tahun itu pun mulai melirik trading atau jual beli saham.

“Catur mengajarkanmu bagaimana bekerja di bawah struktur dalam sebuah sistem tapi juga harus mencoba dan kreatif dalam sistem itu,” ujar Nikhil dilansir CNBC yang masuk dalam Forbes Rich List tahun lalu. “Tidak ada yang akan mau menerimaku tanpa gelar universitas yang artinya aku harus melakukan sesuatu yang tidak butuh (gelar atau ijazah),” lanjutnya.

Setelah berhenti sekolah, Nikhil mulai trading di usia 17 tahun dan bisa dibilang langsung sukses. Bersama sang kakak, Nithin, pria tersebut mulai melakukannya untuk keluarga dan teman-teman tapi merasa sistem jual beli saham terlalu rumit.

“Bagusnya dari trading adalah tidak ada batasan. Jika kamu trader yang andal kamu bisa beli banyak dan kamu terus membuat uang dan kamu bisa terus tingkatkan. Kamu tidak dibatasi banyak hal dan itu menarik untukku. Juga fakta bahwa pekerjaan dalam trading tidak butuh kualifikasi. Semua orang bisa belajar pasarnya, bisa dibaca online, bisa beli buku untuk tahu sistem dan metodologi trading dan investasi yang berbeda dan menjadi trader andal sendiri,” ujarnya kepada Arabian Business.

“Masalahnya waktu itu, 11 atau 12 tahun lalu, harganya sangat tinggi. Bayaran untuk pialang masih sangat tinggi di India. Dan untuk trader penuh waktu banyak penghalang atau batas yang harus dilewati untuk benar-benar bisa menghasilkan secara konsisten,” kata Nikhil.

Nikhil dan Nithin kemudian menemukan Zerodha yang merupakan kombinasi zero (nol) dan rodha (batasan) di 2010. Start-up tersebut memang sudah cukup lama didirikan namun baru mengalami perkembangan pesat selama pandemi. Salah satu alasannya adalah banyak orang menghabiskan waktu di rumah dan punya waktu untuk belajar dan mencari alternatif sumber penghasilan tanpa pergi ke mana-mana.

Kini sukses dalam dunia perdagangan saham, Nikhil pun ternyata pernah mencoba berdagang hal lain yang kurang membuahkan hasil. Dikatakan jika ia sempat membuka jasa laundry hingga berjualan handphone bekas di usia 17. Namun usaha-usaha itu ditinggalkannya dan beralih ke dunia saham karena melihat potensi pasar. Dari Zerodha, kini Nikhil memiliki harta bersih mencapai US$ 1,55 miliar atau setara Rp 21,7 triliun.