Kutukan dari Kota Bekas Tambang Emas

Solid Gold Makassar – Area bekas kota tambang seringkali jadi tempat wisata. Begitu pula dengan kota ini, Bodie. Bedanya kota ini sudah ditinggalkan dan punya kutukan.

Inilah The Bodie State Historic Park, sebuah bekas kota tambang yang sudah lama ditinggalkan oleh penduduknya di California, Amerika Serikat. Dari situs resminya, Bodie dulunya adalah kota penambang emas, Rabu (30/10/2019).

Kota ini telah ditinggalkan sekitar 65 tahun lalu. Meski demikian, Bodie masih terlihat sama seperti terakhir ditinggalkan. Beberapa rumah kayu dan mobil rongsok terlihat tegak bawah bukitnya. Isi rumahnya pun masih sama persis.

Bodie resmi menjadi situs bersejarah nasional dengan nama The Bodie State Historic Park tahun 1962. Setiap harinya ada tur yang dibuka oleh situs ini untuk wisatawan.

Dari tur ini, wisatawan akan mendapat informasi tentang masa lalu Kota Bodie. Pada masa kejayaannya, kota ini memiliki lebih dari 10.000 penduduk. Ada salon, arena bowling, ruang dansa, toko, hotel, gereja dan restoran.

Saat itu juga, Bodie terkenal sebagai kota yang berbahaya. Kota ini menjadi salah satu tambang liar di daerah Barat. Bodie menjadi pusat narkoba, pelacuran dan kejahatan lainnya.

Bahkan ada temuan buku harian dari anak kecil di kota ini. Anak tersebut baru pindah ke Bodie dan menuliskan isi hatinya.

“Selamat tinggal, Tuhan. Aku akan pergi ke Bodie,” tulis anak itu pasrah.

Setelah ditinggalkan, kota ini tak kehilangan reputasinya. Kota ini dikenal berhantu dan punya kutukan.

Kalau sedang tur keliling situs, kamu akan mendapati suara anak-anak kecil yang bermain di jalan. Penampakan seorang wanita yang sedang merajut di salah satu teras rumah menjadi hantu yang paling populer di Bodie.

Lantas kutukan apa yang ditinggalkan oleh The Bodie State Historic Park?

Ada satu yang harus ditaati oleh pengunjung. Mereka tidak boleh membawa barang apa apa pun keluar dari The Bodie State Historic Park. Bahkan secuil batu pun tak boleh diambil sebagai suvenir.

Kalau ada yang berani mengambil sesuatu dari situs ini, pelaku akan kena sial sampai barang tersebut kembali ke The Bodie State Historic Park. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya barang yang dikembalikan oleh wisatawan yang mencuri artefak.

Tindakan mencuri memang jadi hal yang patut untuk dilakukan. Namun sanksi sial yang mengikutinya lebih ditakuti oleh banyak orang.

Situs sejarah ini buka setiap hari dengan variasi jam di tiap musimnya. Wisatwan bisa berkeliling untuk menikmati cerita lama dari Bodie dengan pemandu gratis. Situs ini bisa dinikmati dengan harga USD 7 atau sekitar 98.000 per orang dewasa dan USD 5 atau sekitar Rp 70.000 per anak.