Surplus Perdagangan China & Rebound Minyak Menghijaukan Pasar Asia

Solid Gold Berjangka – Pasar saham Asia rebound pada hari Rabu, serta menunjukkan tanda-tanda stabilisasi, seiring meredanya tekanan di pasar China dan harga minyakberanjak lebih tinggi.

Bursa China dibuka positif, memperpanjang kenaikan sesi sebelumnya dengan menguat 0,55%, setelah rilis data perdaganan bulan Desember yang lebih baik dari ekspektasi. Ekspor China dalam denominasi Yuan dilaporkan tumbuh 2,3% dari tahun sebelumnya, seiringimpor turun 4,0%. Sedangkan indeks Hang Seng di Hong Kong terapresiasi sekitar 2,55%, dengan kenaikan harga minyak menopang sentimen. Saham energi China yanglisting di bursa Hong Kong mencatat kenaikan signifikan antara 2,62% sampai 3,96%.

Di Jepang, indeks Nikkei 225 mencatat gain 2,7% di awal sesi. Pergerakan sektor energi juga menjadi perhatian, dengan saham Inpex dan Japan Petroleum mengumpulkan masing-masing 0,14% dan 1,61%.

Sementara indeks KOSPI Korea Selatan naik 1,4% ditopang kenaikan 0,79% saham Samsung Electronics. Raksasa elektronik konsumen itu dilaporkan tengah mempertimbangkan investasi ke dalam perusahaan panel LCD patungan antara Sharp dan Hon Hai Precision Industry di Taiwan