Solid Gold Berjangka. Tingkat Pengangguran di zona euro turun untuk bulan ketiga berturut-turut pada bulan Januari, jatuh ke tingkat terendah sejak Agustus 2011.

Eurostat, badan statistik Uni Eropa, mengatakan tingkat pengangguran 19 negara di zona euro turun 10,3% pada Januari dari 10,4% pada bulan Desember. Jumlah pengangguran di zona euro turun 105.000 menjadi 16.650.000.Tingkat pengangguran zona euro mencapai tinggi 12,1% selama semester pertama tahun 2013.

euro-area-unemployment-rate (1)

Tingkat pengangguran terendah di zona euro berada di Jerman sebesar 4,3%, sedangkan tingkat tertinggi berada di Spanyol, 20,5%, dan Yunani, di 24,6%.

Penurunan tingkat pengangguran didorong oleh stimulus dari Bank Sentral Eropa, yang telah memangkas suku bunga dan menyuntikkan uang ke dalam perekonomian, kebijakan anggaran kurang ketat, euro lebih rendah dan merosotnya harga minyak.

Lihat : Prospek Ekonomi Zona Euro Merosot

Namun secara umum pengangguran di banyak negara di zona euro masih tinggi, jadi sangat dibutuhkan inflasi melalui upah yang lebih tinggi. Angka yang dirilis Senin menunjukkan bahwa inflasi zona euro tahunan turun menjadi minus 0,2 persen pada Februari, memperkuat ekspektasi pasar bahwa Bank Sentral Eropa akan mengumumkan langkah-langkah stimulus lebih pada pertemuan bulan depan.