Wagub Djarot Peluang Ahok untuk Diusung PDIP Masih Terbuka Lebar

SOLID GOLD BERJANGKA – Nama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tidak termasuk dalam daftar bakal calon gubernur Pilgub DKI 2017 yang diserahkan DPD PDIP DKI Jakarta ke DPP PDIP untuk disaring, sebab Ahok tidak mendaftar dan masih bersikeras maju lewat jalur perseorangan. Meski demikian, Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat mengatakan peluang Ahok untuk diusung oleh PDIP masih terbuka lebar.

SOLID GOLD BERJANGKA – Djarot yang juga menjabat sebagai Ketua DPP Bidang Keanggotaan dan Organisasi PDIP ini mengatakan, sejauh ini partainya masih menjaring 27 nama yang disetor oleh DPD PDIP DKI ke DPP PDIP.

“PDIP sudah melakukan pemetaan hasil dari pendaftaraan yang dilakukan oleh DPD. Kita sudah lakukan psikotes, sudah kita lihat beberapa yang memenuhi syarat. Itu yang dari eksternal,” kata Djarot saat berbincang dengan detikcom, Minggu (24/7/2016).

Dikatakan Djarot, ada tiga tahapan dalam proses penjaringan nama yang akan diusung di PDIP. Nama Ahok termasuk dalam tahapan tersebut.

“Kan memang ada tiga cluster. Salah satunya kita harus melihat dinamika perkembangan yang ada di lapangan. Sehingga selalu saya sampaikan, segala kemungkinan bisa saja terjadi. Memang untuk tingkat DPD sudah ditutup, tapi untuk tingkat DPP belum,” kata Djarot.

“Dan ingat, bahwa Ketua Umum PDIP Ibu Megawati punya hak prerogatif,” tambahnya.

Untuk itu, Djarot yakin Ahok masih berpeluang besar untuk diusung oleh PDIP. Meski demikian, Djarot belum mau mengatakan kapan PDIP akan mengumumkan siapa yang akan diusung dalam Pilgub DKI 2017 mendatang.

“Pak Ahok masih, masih terbuka (peluang bersama PDIP),” kata Djarot.

“Nanti dilihat juga perkembangan di masyarakat seperti apa, dinamika yang berkembang seperti apa,” tambahnya.