yen1

solid gold berjangka. Yen menguat terhadap sebagian besar mata uang utama untuk hari kedua setelah kemerosotan harga minyak telah memicu penurunan di dalam bursa saham global, itu telah memicu permintaan untuk aset haven Jepang.

Yen naik ke level tertinggi dalam hampir dua bulan terhadap euro di tengah kecemasan investor bahwa Yunani mungkin akan meninggalkan kawasan Euro dan pada spekulasi bahwa European Central Bank telah bergerak semakin dekat untuk pembelian obligasi pemerintah dalam skala besar. Indeks dollar kemarin mencapai level terkuat dalam sembilan tahun dengan Federal Reserve yang bergerak semakin dekat untuk naikan suku bunga. Volatilitas mata uang melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari setahun.

“Minyak yang terus turun dan kondisi politik di Yunani adalah hal yang mencemaskan pasar pada saat ini,” kata Etsuko Yamashita, kepala ekonom di Sumitomo Mitsui Banking Corp di New York. “Ada tekanan secara luas pada bursa saham untuk turun, dan aksi hinda resiko telah memicu kenaikan permintaan untuk yen.”

Mata uang Jepang menguat sebesar 0.2% menjadi 119.30 per dollar pada pukul 08.43 wib, setelah kemarin naik sebesar 0.7%. Yen menguat sebesar 0.2% menjadi 142.45 per euro setelah sebelumnya mencapai 142.28, itu adalah level tertinggi sejak 10 November