tokyo2

solid gold berjangka. Nikkei menguat seiring masih berkutatnya yen dekat level terlemah 7 tahun membuat investor tetap optimis dengan perbaikan outlook pendapatan eksportir Jepang. USDJPY menyentuh 118.56 di awal sesi Asia; terlihat mencoba mendekati level terlemah 7 tahun 118.96 yang diraih pekan lalu. Jika pelemahan yen berlanjut maka ini dapat bantu memperbaiki daya saing eksportir Jepang. Nikkei futures menguat 0,32% dan kini diperdagangkan di level 17460.

Sentimen eksternal cukup positif setelah meningkatnya sentimen bisnis Jerman memberikan investor harapan akan membaiknya kondisi perekonomian terbesar di zona-euro tersebut. Investor juga yakin kebijakan moneter longgar yang dijalankan oleh mayoritas bank sentral besar di dunia dapat menopang laju pertumbuhan ekonomi global. Di akhir pekan silam bank sentral Cina telah menurunkan suku bunga pinjaman dan deposito masing-masing menjadi 5,6% dan 2,75% pada hari Jumat kemarin. Komentar dovish ECB‘s Draghi di akhir pekan juga membuat investor yakin bahwa ECB siap melonggarkan kebijakan moneternya lebih lanjut jika dibutuhkan.

Sementara itu, minutes pertemuan BoJ yang dirilis pagi ini menunjukan banyak petinggi Bank of Japan yang khawatir dengan kembalinya persepsi deflasi di Jepang. Ini merupakan minutes pertemuan 31 Oktober dimana BoJ mengejutkan pasar dengan mengumumkan penambahan stimulus moneter dengan menaikan komitmen peningkatan monetary base dari 65-75 triliun yen menjadi 80 triliun yen per tahun