Yen Melejit Ke Level Tinggi 3-Tahun vs Euro dan Poundsterling

SOLID GOLD BERJANGKA – Valuta safe haven Yen menguat terhadap berbagai mata uang utama di hari Senin, bahkan menyentuh titik tertinggi 3-tahun terhadap Euro dan Sterling seiring kecemasan bahwa Inggris dapat meraih voting untuk meninggalkan Uni Eropa pada referendum 10 hari mendatang.

Alhasil para investor mengalihkan arus moda dari pasar aset berisiko, sehingga Yen melejit ke level terkuatnya sejak February 2013 terhadap Euro, dan menguat ke titik terkuatnya sejak Agustus 2013 terhadap Poundsterlingseiring dengan situs pertaruhan mengurangi peluang voting menjadi semakin tipis pada hasil polling selama akhir pekan, dengan kubu yang memilih untuk meninggalkan Eropa masih memimpin 10 poin, sehingga ketakutan ini semakin meluas pada hari Senin.

Bagaimanapun BoJ masih berpotensi mengamati Yen dan mengambil langkah drastis jika terjadi penguatan Yen cukup tajam. BoJ akan memulai rapat kebijakan moneter selama 2 hari di hari Rabu. Minimnya pasokan Dollar dan permintaan yang tinggi untuk safe haven Yen secara global, turut menyebabkan tingkat kewaspadaan yang tinggi untuk sistem keuangan secara luas.

Terpantau sejauh ini pairing USDJPY melemah -0.55% di level 106.36, setelah meraih titik tertinggi intraday di 106.94 dan level terendah hariannya di 105.74.